Contoh Komplemen Himpunan

Komplemen himpunan adalah seluruh anggota dari himpunan semesta (S) yang bukan merupakan anggota dari himpunan A. Sedangkan himpunan A juga berada di dalam himpunan semesta (S). Komplemen dari himpunan A disebut sebagai A komplemen yang dinyatakan dengan simbol A C .

Misalnya, komplemen himpunan A beranggotakan semua anggota himpunan semesta yang tidak termasuk anggota himpunan A. Simbol komplemen himpunan ini biasa dinyatakan sebagai A C. Perhatikan contoh berikut. Contoh 1. S = {I, N, D, O, E, S, A} A = (E, A, O, D} Komplemen himpunan A (A C) = {I, N, S} Contoh 2. S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7} A = {3, 4, 5} A ...

Contoh Komplemen Himpunan - Pengertian dan Contoh Komplemen Suatu Himpunan. Komplemen suatu himpunan (A') adalah semua anggota himpunan semesta (S) yang buka anggota himpunan A. (Kompas.com/Retia Kartika Dewi) KOMPAS.com - Dilansir dari buku Sukses UN SMP/MTs 2016 (2015) oleh Tim Study Center, komplemen suatu himpunan ( atau A') adalah semua anggota himpunan semesta (S ...

Pengertian Komplemen Himpunan; Contoh Soal Komplemen Himpunan; Latihan Soal Komplemen Himpunan (Mudah) Latihan Soal Komplemen Himpunan (Sedang) Latihan Soal Komplemen Himpunan (Sukar)

Langkah ketiga: Menentukan komplemen himpunan. Contoh Soal 1. 1. Tentukan komplemen A dari: S = {bilangan asli kurang dari 10} A = {bilangan ganjil kurang dari 10} Penyelesaian: Langkah pertama: Menentukan semua hal yang diketahui dan yang dipertanyakan pada soal. Diketahui: S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9} A = {1, 3, 5, 7, 9} Ditanyakan: A c

Contohnya: Untuk menentukan komplemen A, maka kita tuliskan semua anggota dari masing-masing himpunan. S = {1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13} dan A = {1,3,5,7,9,11,13}. Selanjutnya kita hilangkan anggota himpunan S yang sama dengan himpunan A, sehingga diperoleh 2,4,6,8,10,12.

Berikut ini contoh dari komplemen himpunan. Contoh 1 Sebuah himpunan semesta mempunyai anggota F, H, Y, G, Q, K, T, W dan N. Kemudian ada himpunan A yang beranggotakan H, G, K, W, dan N. Tentukan komplemen dari himpunan A.

Contoh Soal Komplemen dan Selisih Himpunan Dengan Pembahasannya. Soal 1. Diketahui suatu himpunan semesta mempunyai anggota A, B, C, G, H, I, K, L, M, Q, R, S. Sementara himpunan Y beranggotakan C, G, H, M, dan Q. Tentukan komplemen dari himpunan Y tersebut. Pembahasan.

Copyright © BIRTHDAYTEMPLATES.NET All Rights Reserved