Pengertian Balok Bangunan

Pengertian Balok dalam Bangunan Jika dilihat dari fungsinya maka balok adalah bagian dari struktural sebuah bangunan yang kaku dan dirancang untuk menanggung dan mentransfer beban menuju elemen-elemen kolom penopang yang memiliki fungsi sebagai rangka penguat horizontal bangunan akan beban-beban. Jenis-Jenis Balok

Balok adalah bagian dari struktural sebuah bangunan yang kaku dan dirancang untuk menanggung dan mentransfer beban menuju elemen-elemen kolom penopang. Selain itu balok juga berfungsi sebagai pengikat kolom-kolom agar apabila terjadi pergerakan, kolom-kolom tersebut tetap bersatu padu mempertahankan bentuk dan posisinya semula. Definisi Balok

Pengertian Balok Bangunan - TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Pengertian Umum Balok Balok adalah elemen struktur yang berfungsi menyalurkan beban ke kolom. Balok merupakan bagian dari struktur inti bangunan selain kolom dan pondasi. Sehingga pengecorannya harus dilakukan dengan baik. Tahap pengecoran dimulai sejak tahap persiapan pengerjaan tulangan sampai pada saat perawatan (curing).

1. Balok Beton Pemasangan Balok Girder Jatiwaringin Foto: Iqbal Firdaus/kumparan Balok beton umumnya digunakan dalam konstruksi bangunan besar seperti gedung pencakar langit dan jembatan. Beton yang diperkuat dengan baja memberikan kekuatan dan daya tahan yang diperlukan untuk menahan beban yang besar.

Balok Bangunan – Balok adalah salah satu elemen kunci dalam struktur bangunan yang memainkan peran vital dalam menopang beban dan menjaga kestabilan konstruksi. Artikel ini bertujuan untuk membahas secara mendalam mengenai balok bangunan, meliputi fungsi, jenis-jenisnya, serta peranannya yang krusial dalam proses konstruksi.

Balok identik dengan bangunan atau elemen struktural teknik sipil, padahal setiap struktur seperti rangka mobil, komponen pesawat terbang, rangka mesin, dan lainnya mekanis atau sistem struktural lainnya menggunakan struktur balok yang dirancang dan dianalisis dengan cara yang sama yaitu untuk memikul beban lateral. Ikhtisar

Balok memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Mempunyai 6 bidang sisi berbentuk persegi panjang. Balok memiliki 12 rusuk. Rusuk-rusuk yang sejajar memiliki ukuran yang sama panjang. Setiap diagonal bidang pada sisi yang berhadapan memiliki ukuran yang sama panjang. Memiliki 8 titik sudut.

Sebagai struktur geometris yang mendasar, balok bisa didefinisikan sebagai sebuah benda tiga dimensi yang memiliki tiga jenis dimensi: panjang, lebar dan tinggi. Dalam konstruksi bangunan, balok biasanya digunakan untuk menopang berbagai jenis beban seperti lantai, atap, dan sebagainya.

Copyright © BIRTHDAYTEMPLATES.NET All Rights Reserved